Menentukan (membuat) Tangga

Karena luas tanah dan kebutuhan ruang yang harus diakomodasi, seringkali kita di”harus”kan meningkat bangunan (membuat 2 lantai atau lebih!). Salah satu bagian yang penting yang harus diperhatikan adalah TANGGA. Ada beberapa poin/hal yang harus diperhatikan dalam membuat dan menentukan tangga, sehingga “enak/nyaman” dipakai.
Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat tangga :
1. Bentuk tangga, secara garis besar tangga dapat berbentuk U, L, O. Penentuannya sangat dikaitkan dengan tempat yang ada serta disain .
2. Arah tangga, (menurut saya) sebisa mungkin arah berjalan naik untuk ke lantai atasnya searah dengan jarum jam.
3. Tinggi tiap anak tangga, tinggi tiap anak tangga kira-kira 16cm-18cm dan maksimal 20 cm. Karena apabila lebih dari 20 cm maka anak tangga akan “menyiksa” dan tidak enak.
4. Lebar injakan, ukuran minimal untuk innjakan kaki adalah 25cm, tetapi alangkah baiknya dibuat selebar (saya sarankan) 30cm, dan bisa disesuakan dengan bahan yang akan dipakai, misal;keramik. Kita mengikuti modul keramik.
5. Lebar tangga, lebar yang saya sarankan minimal 70cm (satu jalur, tanpa orang berpapasan), dan apabila untuk/dimungkinkan orang untuk berpapasan, maka kalau bisa dibuat dengan lebar 135cm (dengan perhitungan 1orang=60cm, 2orang=120cm ditambah dinding tangga selebar, biasanya 15cm.
6.Perhitungkan tinggi lantai atas, sebisa mungkin mengikuti interval tinggi anak tangga.
Semoga bermanfaat!!

4 responses

  1. MAU TANYA LAGI.

    JK TINGGI LANTAI ATAS 3,5m
    ruang untuk tangga/lantai 1 ,4 m

    Bgmn cr pembagian sambungan jika Kita memakai m0del (L)

    mohon petunjuk
    trima kasih

    nb:
    nomer hape di email saya

    1. dengan tinggi 3.5 m bagi saja dengan 16 cm atau 18 cm (tinggi ideal) misal kita bagi 18 maka akan ketemu 19 koma sekian, lha tugas ada untuk membagi yang koma sekian, sehingga “mungkin” per trap ada yang tidak sama, atau sekalian jadikan 20 trap. untuk ruang tangga yang 1.4 m pada sisi yang mana? sayang tidak di lampirkan denahnya,ri kurangi dengan lebar tangga antara 80-90cm, berarti ketemu 1 bordes dan 2 trap, nah berarti masih butuh 16 atau 17 trap lagi, kalikan dengan 30 cm.hasilnya itulah tempat/space yang dibutuhkan untuk ke lantai 2. HATI-HATI membuatnya karena rawan dan vital (apakah butuh saya disainkan? he..he..he…)
      thx
      untuk hp bisa di lihat di halaman KONTAK KAMI.

  2. gmn mntukn kmringan tangga?

    1. untuk tangga yang perlu diperhatikan :
      1.tempat, ukuran ruang yang ada untuk tangga, karena ruangan/tempat menentukan dalam kita membentuk model tangga yang akan dipakai.
      2.lebar injakan untuk tangga kalau bisa dibuat 30cm dan tinggi injakan antar anak tangga sebia mungkin untuk tangga yang sering dilalui 16cm-18cm, dan untuk tangga servis 20cm.
      3.biasanya dalam menentukan tangga, langkah-langkahnya dapat dimulai dengan membagi tinggi lantai 2 dst dengan angka 16,18,20.misal tinggi lantai 2 yaitu 400cm/4m bagilah dengan 20 misal, maka ditemukan 20 anak tangga, kemudian cocokkan dengan ruang yang ada karena tiap2 rumah pasti berbeda
      semoga dapat dimengerti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: