Merubah skala gambar

Melanjutkan tulisan yang terdahulu mengenai perubahan skala gambar di Autocad, saya coba disini untuk menjelaskan lagi, menurut cara yang biasanya saya gunakan dalam mengatur skala gambar agar gambar yang tercetak sesuai dengan maksud kita. Cara yang sering saya gunakan yakni :

1. Menskala outline kertas (ukuran kertas yang dipakai menyesuaikan dengan printer yang kita miliki)

2. Menskala gambar (yang sebelumnya dilakukan perintah penge -block-an)

Berikut saya jelaskan satu persatu dari 2  cara diatas, semoga dapat dimengerti.

Cara 1 : Menskala outline kertas

Setelah kita menggambar bentukkan yang kita gambar, entah itu denah, potogan, tampak dsb, selanjutnya kita menggambarkan outline kertas yang akan kita pakai, yang tentunya menyesuaikan dengan kertas yang sesuai dengan ukuran printer di rumah. Apabila akan dipakai kertas A4, maka outline dibuat sesuai dengan ukuran panjang dan lebar kertas, begitu juga dengan ukuran kertas lainnya. Gambar yang dibuat “harus”  dalam skala 1:100 (mohon lihat tulisan terdahulu!!!), selanjutnya letakkan outline kertas tadi pada gambar. Apabila outline kertas lebih besar atau lebih kecil dari gambar, maka kita harus men-setting outline baik itu dibesarkan atau dikecilkan, jangan gambar yang dirubah-rubah settingnya (skala-nya).

Cara 2 : Menskala gambar

Gambar yang telah dibuat tentunya diharapkan dapat dicetak pada kertas yang sesuai dengan printer yang kita miliki. Selain cara diatas, cara berikutnya adalah obyek gambarnya yang diskala menyesuaikan dengan ukuran kertas. Akan tetapi yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah gambar di-block sebelum diubah skalanya, agar apa yang tergambar tidak berubah, terutama mengenai dimensi/ukuran-ukuran. Setelah gambar di-block (di command:ketik block) maka gambar di masukkan ke outline kertas (skala 1:100), apabila gambar terlalu kecil atau terlalu besar maka gambar kita atur skalanya menyesuaikan dengan ukuran bidang kertas. Sama dengan cara sebelumnya yakni untuk mengubah skalanya, rumusan gampang yang bisa kita gunakan adalah SKALA TUJUAN DIBAGI (/) SKALA AWAL. Contoh apabila kita ingin mengubah menjadi skala tujuan 20 dari skala awal 100, maka caranya adalah 20/100.

Selanjunya gambar-gambar akan tercetak sesuai dengan maksud kita. Semoga bermanfaat!!!

12 responses

  1. MAU TANYA .
    APAKAH SKALA GMBAR GEDUNG BERTINGKAT BEDAH DGN RUMAH TINGGAL/PERUMAHAN..

    APA KITA MENGACU PADA UKURAN KERTAS GAMBAR YG AKAN DIPAKAI.

    NB:
    MENGGAMBAR MANUAL. .

    M0HON PETUNJUK N TRIMA KASIH.

    1. terima kasih sudah mampir!!!saya akan berusaha menjawab:
      1.skala gambar untuk semua jenis bangunan “ideal” nya dalam skala 1:100 (1cm dikertas=1m dikenyataan)
      2.menurut saya, ukuran kertas ditentukan dari keinginan gambar apa yang akan kita sajikan dari perlembar kertas tsb. dan biasanya gambar dipengaruhi pakem/aturan tidak tertulis. sebagai contoh: denah bangunan, atap, tampak dan potongan harus dalam skala 1:100, serta aturan penyajian gambar teknik.
      semoga dapat menjawab apa yang dipertanyakan.

  2. ADA LAGI

    UNTUK DENAH POTONGAN.
    KEMARIN SAYA
    MENDAPATKAN/MELIHAT
    ADA 3 JENIS SKALA

    1:100
    20:100
    50:100

    APAKAH SKALA TERSEBUT MENGACU PD UKURAN KERTAS ATAU UNTUK MEMPERJELAS POTONGAN DENAH. .

    1. tidak ada mas skala 20:100 dan 50:100, mungkin yang dilihat salah tulis…

  3. mas kalo a =0,80 mau dirubah ke a=1,00 gimana cara nya …

    maklum newbie autocad nie …

    1. terima kasih mas sudah mampir!!
      untuk merubahnya, dan menurut saya dapat dicoba cara skala/ukuran tujuan ke skala/ukuran awal, jadi 1,00/0,80.
      terima kasih

    2. terima kasih mas sudah mampir!!
      untuk merubahnya, dan menurut saya dapat dicoba cara skala/ukuran tujuan ke skala/ukuran awal, jadi 1,00/0,80.
      terima kasih

  4. mohon maaf mas,saya masih ga faham tentang cara menskala kan gambar.
    saya kan biasanya menggambar dengan ukuran cm, trus begitu saya print, ukurannya ga sesuai.
    trus cara menskala kan di layout bagaimana mas?
    ada contoh video nya ga mas?
    biar saya ikutin langkah2 nya.

    1. terima kasih mau mampir dan maaf baru balas.
      bukan masalah mas pake satuan cm untuk menggambar. saya coba menjelaskan mungkin dimengerti :
      1. setelah menggambar, buatlah outline kertas yang akan dipakai, A3 atau A4, buat garis kotak seukuran kertasnya, misal A4 210 x 297 atau 2100 x 2970, dengan catatan denah akan tercetak dalam skala 1:100
      2. apabila di rasa, denah terlalu kecil atau besar, maka mas perlu merubah skalanya. (jangan gambarnya yang diskala, tetapi outline kertasnya saja), dengan rumus : skala tujuan/skala awal.
      3. nah, saya berharap gambar akan ter cetak skala
      demikian, semoga pernjelasan saya bisa di mengerti

  5. ikut gabung pak…

  6. GAN SAYA TIDAK BISA MERUBAH AREA KERJA MENJADI LUAS,SETIAP 1m yg sy ketik 100,tdk bs penuh.bs bantu saya gan ,terima kasih sebelumnya

    1. maaf baru balas, coba mas dengan perintah zoom trus pilih all

Tinggalkan komentar