As Built Drawing, gambar yang sering diabaikan

Sebagai orang yang “berlumpur-lumpur” dengan gambar As Built Drawing, saya seringkali prihatin karena kesadaran akan pentingnya gambar tersebut masih sangat-sangat kurang, orang lebih konsen kepada Shop Drawing dibandingkan dengan As Built Drawing. Keduanya sama pentingnya tetapi “nasib” yang membedakannya, yang satu diutamakan dan yang satu disepelekan.

Gambar As Built yang dibuat oleh kontraktor dan diserahkan kepada pemilik  seringkali diabaikan, dan hak yang wajib diterima oleh pemilik (tanpa disadari) tidak dipenuhi.

Gambar As Built bangunan yang telah dirampungkan dibuat dengan tujuan agar apabila pada suatu saat ada permasalahan mengenai bangunan yang ditempati/digunakan sekarang , dapat digunakan sebagai informasi awal, seperti REKAM MEDIS dalam bahasa medis/kesehatan., sehingga dapat diambil langkah-langkah untuk perbaikannya.

Dengan peran yang sangat penting tersebut adalah SALAH apabila As Built Drawing sering sebagai gambar yang diabaikan, sangat parah kondisinya/disayangkan apabila bangunan-bangunan besar, bertingkat, mewah tanpa dilengkapi As Built Drawing, tanpa As Built Drawing kita buta akan kondisi bangunan yang kita ditempati.

Semoga membawa manfaat!!!

 

4 responses

  1. Bisa di bantu dengan menampilkan contoh gambar As built drawing sehingga ada gambaran yang jelas?

    1. ok mas, tolong di lihat di email nya, terima kasih sudah mampir!!!

  2. KADANG SEBAGIAN ORANG MASIH BANYAK YANG BELUM MENGETAHUI URUTAN2 DALAM MEMBUAT ASBUILT DRAWING ARSITEKTUR…. MESTI MULAI DARI MANA UNTUK SUSUNAN YANG BERURUTANPADA DAFTAR ISI ASBUILT DRAWING…MOHON INFORMASINYA… TRIMA KASIH…

    1. secara garis besar, urutannya
      (seperti yang selama ini saya buat) dapat seperti urutan pada gambar2 pelaksanaan. karena seperti pada maksud pembuatannya yakni untuk menginformasikan ada atau tidaknya perubahan2 dari gambar pelaksanaan akibat pekerjaan dan kondisi di lapangan, serta putusan2 pada saat pelaksanaan pekerjaan. dan kadangkala ada beberapa pemilik/pihak yang hanya menginginkan beberapa gambar (bukan semua gambar seperti gambar pelaksaan), misal:gambar alur air bersih, air kotor dan kotoran saja, karena pipa2 terpendam dan apabila ada masalah, dapat diketahui dengan pasti posisi pipa2 nya.
      semoga penjelasan singkat ini dapat dimengerti. thx sebelumnya sudah mampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: