Rumah mungil

Rumah mungil, inilah kata-kata yang mungkin tepat apabila kita membayangkan akan menempati rumah/hunian di kota, bukan hanya ditengah kota, dipinggiran pun terbayang padat dan sesaknya ruang yang ada. Perumahan dengan rumah-rumah mungilnya kinipun banyak ditemukan. Lahan-lahan yang ditawarkan oleh pengembangpun semakin terasa “sempit”, lahan yang ditawarkan mulai 6×10, 6×11, 6×12 dan 6×15 sudah menjadi ukuran lahan yang “lumrah” ditemukan.

Situasi yang “mungkin” tidak menguntungkan bagi masyarakat menengah-kecil yang tinggal dan bekerja di kota serta berkeinginan memiliki rumah tinggal yang layak. Lahan yang didapat sangat kecil, memaksa mereka harus tinggal dalam skala huni yang kecil.

Hal-hal  yang perlu disiasati dalam mendisain rumah mungil yang baik :

  1. pencahayaan, mengolah tataruang sehingga semua ruang yang direncanakan sedapat mungkin mendapat pencahayaan alami yang cukup.
  2. pengudaraan, setelah lubang-lubang untuk pencahayaan diperoleh, tentukan tipe dan jenis bukaan udara masuk dan bukaan udara keluar dan tanpa mengurangi sifat privasi ruang.
  3. Tata olah ruang, pengolahan ruang haruslah sederhana, dengan konsep sedikit sekat/dinding. Sedikitnya sekat akan memberikan kesan lega dan lapang.
  4. Warna,  permainan warna dinding dan plafond juga dapat memberikan manfaat yang besar (menambah nuansa). Berilah warna terang yang dominan untuk interior sehingga tercipta kesan yang “melegakan”.
  5. Permainan tinggi plafond, jarak antara lantai dan plafond didesain tinggi sehingga ruang tidak  terkesan “sumpek” serta udara didalam rumahpun lebih “dingin”.
  6. Perabot, hindari pemilihan perabot yang memenuhi ruangan, perabot yang simpel, ringan, akan memberikan keleluasaan dan tidak malah membuat ruangan semakin “mungil”.

Selamat berkreasi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: