Merenovasi rumah

Merenovasi rumah seringkali dibutuhkan ketika kita menginginkan adanya penambahan ruang, mengikuti tren ataupun akan menempati rumah baru. Hendaknya sebelum merenovasi rumah kita harus membuat rencana terlebih dahulu, baik itu rencana anggaran ataupun desain (gambar) bagian yang direnovasi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merenovasi rumah, yaitu :

  1. Kebutuhan ruang, susunan daftar perencanaan kebutuhan penambahan ruang untuk seluruh aktifitas anggota keluarga sangat mempengaruhi desain denah ruang yang direncanakan.
  2. Ganti fungsi, perubahan denah karena penambahan ruang akan secara tidak langsung  mempengaruhi fungsi ruang secara keseluruhan. Untuk menekan biaya renovasi, apabila masih memungkinkan ruang untuk berganti fungsi tanpa menambah terlalu banyak ruangan, perlu mendapat perhatian.
  3. Prioritas, penambahan ruang hendaknya dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang utama paling tidak  misalnya untuk 4-5 tahun kedepan.
  4. Tampil menawan, pengecatan ulang, penggantian bahan lantai, merubah tampak bangunan, pemberian hiasan-hiasan, pemberian tanaman merupakan cara yang sederhana untuk tampil lebih menawan.
  5. Libatkan ahlinya, untuk pengolahan denah ruang, tampilan bangunan sesuai dengan tren atau gaya yang diingikan, pemilihan bahan, penentuan warna, pemilihan mebel, serta elemen-elemen pendukung lainnya sedapat mungkin kita melibatkan orang yang ahli dibidangnya, sehingga kita mendapatkan hasil yang maksimal.
  6. Anggaran biaya, hal yang tidak dapat dipisahkan adalah dana yang dibutuhkan untuk merenovasi, kita harus pintar-pintar men-siasati pengeluaran dana.

Selamat merenovasi!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: